Hari ini ada Kegiatan Pembelajaran Table Manner loh. 

Budaya makan pada setiap negara berbeda-beda dan tidak bisa disamakan. Sebagai contoh, masyarakat di negara Jepang umumnya makan menggunakan sumpit dan akan menganggap makan dengan menggunakan tangan kosong tidak umum untuk dilakukan. Berbeda halnya pada negara Indonesia, dengan masyarakat yang mayoritas beranggapan bahwa makan dengan menggunakan tangan adalah nikmat.

Hal tersebut akan menjadi berbeda lagi ketika membahas tentang sebuah table manner yang harus Anda lakukan pada sebuah acara. Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan table manner itu? Dilansir dari Wikipediatable manner merupakan sebuah aturan umum yang digunakan ketika sedang mengonsumsi makanan, termasuk di dalamnya penggunaan alat-alat makan hingga posisi duduk yang baik.

Apabila Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak yang masih kecil, sudah sebaiknya untuk Anda ajarkan table manner sejak dini. Dengan mengajarkan anak kesopanan sejak dini bisa membantunya di masa depan kelak ketika harus berinteraksi bersama orang lain. Tidak harus Anda ajarkan tahapan yang terlalu sulit, mulailah ikuti seperti yang ada di bawah ini:

  • Mulailah dari mengajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan. Ingatkan bahwa ada banyak sekali kotoran dan bakteri yang menempel pada permukaan tangan yang akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi.
  • Ajaklah anak untuk duduk di kursi dengan sopan dan meletakkan tangannya di bawah meja. Ingatkan juga untuk tidak bertopang dagu di meja karena tidak sopan.
  • Ajari untuk memegang alat makan dan tidak memainkannya di meja.
  • Ajarlah si kecil untuk tidak mulai makan sebelum orang lain duduk dan siap makan bersama. Ingatkan untuk selalu mengunyah dengan mulut tertutup karena makan dengan suara mulut yang berisik sangatlah tidak sopan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *